Sabtu, 13 Oktober 2012

DESKBOOK

Beberapa tahun belakangan ini, berkembang suatu trend dalam masyarakat yang di sebut minimilisme. Paham ini memiliki kecenderungan untuk menyerdehanakan segala hal yang sebelumnya memang sengaja dibuat heboh dan rumit supaya terlihat canggih dan keren. Misalnya adanya mobil mini, handphone mini, dan paham ini juga tak lupa menyentuh dunia komputer dan teknologi.

Dalam dunia komputer dan teknologi, yang paling terpengaruh adalah dari sisi tampilan dan desain produk. Bentuk-bentuk sederhana dengan warna-warna dasar hitam dan putih mendominasi pasar. Yang tidak terlihat adalah teknologi yang terkandung dalam produk tersebut yang terus berkembang semakin canggih. Salah satu produk yang masuk kategori ini adalah Deskbook keluaran Advan. Ini adalah salah satu produk yang mencoba
memberikan arti baru pada kata komputer yang selalu dikonotasikan sebagai kotak besar yang berada di bawah meja kerja dengan kabel-kabel entah untuk apa bersiliweran di belakangnya.
Dan yang dimaksud dengan arti baru memang betul-betul konsep yang lain dengan konsep komputer yang dikenal umum. Hal ini terlihat dari pertanyaan pertama yang selalu muncul begitu orang melihat produk PC ini “mana komputernya???”
Konsep Deskbook ini adalah menyatukan 2 unit kotak besar ( CPU dan monitor ). Dengan begitu pengguna mendapatkan banyak sekali keuntungan dari produk deskbook ini.Beberapa keuntungan yang didapatkan adalah sebagai berikut :
  1. Yang langsung terlihat adalah kerapihan meja kerja . Jika sebelumnya permukaan meja dipenuhi oleh monitor yang besar, sementara bagian bawah meja juga dihuni oleh CPU, sekarang semuanya hilang digantikan oleh deskbookyang ramping. Bahkan deskbook ini bisa digantung di dinding sebagai bagian dari ornamen pemanis rumah, dan meja benar-benar akan kosong.
  2. Kabel-kabel tidak bersiliweran di mana-mana.
  3. Keuntungan lain dari produk ini adalah penghematan daya. Produk ini didesain untuk mengkonsumsi hanya 65 watt saja. Bandingkan dengan dengan PC biasa yang rata-rata menghabiskan 300-400 watt. Bayangkan berapa besar penghematan energi dan biaya yang bisa dicapai.
 Pendekatan desain ini dimungkinkan dengan adanya perkembangan teknologi tampilan LCD yang semakin maju dan teknologi miniaturisasi produk lainnya seperti notebook, sehingga deskbook bisa menghasilkan produk all in one yang tipis. Tetapi jangan tertipu dengan ketipisannya, karena yang tersimpan di belakang monitor LCD ini adalah betul-betul sebuah komputer pribadi yang lengkap dengan berbagai fiturnya mulai dari USB port, LAN port, speaker, dan DVD ROM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management